[PRESS RELEASE ACARA “SEJUTA” Semangat Juang Tani ]

“Berbaur, bersenda gurau adalah cara sederhana kami mengabdi’
Minggu 25 September 2016, belasan mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor yang tergebung sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Kabinet Sapa Tani melaksanakan kegiatan turun desa di desa Purwosari RW 06 Dramaga, Bogor. Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir yang dilakukan sebagai kegiatan peringatan Hari Tani Nasional 2016. Pada hari sebelumnya Jum’at 23 September 2016 telah diadakan kegiatan Talkshow “Regenerasi Petani dan Realisasi Upsus Pajale” yang berkolaborasi dengan Koalisi Rakyat Kedaulatan Pangan (KRKP) yang mengusung tema “Duta Petani Muda”.

Sebagai kelanjutan dari acara pada hari pertama, kegiatan turun desa yang mengangkat tiga acara utama yaitu workshop tentang penanaman papaya, penanaman papaya dan lomba mewarnai.Kegiatan yang mengusung tema “Semangat Juang Tani” ini disambut dengan antusiasme warga yang cukup meriah. Warga yang hadir dalam rangkaian acara cukup atraktif dan aktif bertanya dan berdiskusi dengan Bapak Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dibuka dengan sambutan oleh saudara M.Agus Nurayubi selaku ketua pelaksana, dilanjutkan oleh Bapak Rasyid selaku ketua RW setempat dan Ketua RT 03. Acara selanjutnya yaitu workshop yang diisi oleh pemateri dari staff dari PKHT, Bapak Kusuma. Suasana cukup interaktif karena beberapa warga yang menghadiri workshop memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan penanaman papaya. Setelah beberapa jam mendengarkan materi dan berdiskusi, warga dan mahasiswa ikut berpartisipasi dalam penanaman buah pepaya di ladang yang sudah disediakan. Saat penanaman berlangsung didampingi oleh Kak Lihardo, seseorang yang sudah lama berkecimpung di dunia wirausaha pepaya. Beliau menjelaskan banyak hal tentang proses penanaman pepaya yang benar dan secara langsung mempraktikkannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan ishoma (istirahat sholat dan makan), makan siang dilakukan secara bersamaan disekitar aula mushola dan dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah. Setelah beristirahat sejenak para mahasiswa mulai kembali menyiapkan acara selanjutnya yaitu lomba mewarnai untuk anak-anak SD khususnya. Acara tersebut berlangsung sangat meriah, diawali dengan senam penguin bersama membuat adik-adik sangat antusias dan senang. Perlombaan dibagi dalam tiga kelompok besar, masing-masing kelompok mempunyai pendamping untuk memberikan arahan pada adik-adiknya. Kegiatan ini bukan hanya sebagai acara jalanya program kerja saja, kegiatan ini merupakan hal yang seharusnya kita lakukan sebagai mahasiswa yaitu berbaur dengan kehidupan masyarakat karena sudah seyogyanya kita berasal dari masyarakat akan kembali dengan masyarakat. Hidup mahasiswa

img_7174

img_7170

img_7050

img_7005

img_6999

img_6836

img_6838

img_6840

img_6970

Penulis : Muhammad Wahid (WHD)

No Comment

No comments yet

Leave a reply