CRISALIS “Upgrading BEM & DPM”

Upgrading DPM & BEM Fakultas Pertanian

Jumat- Minggu, 6-8 Februari 2015

Upgrading yang merupakan kegiatan rutin sebuah kelembagaan sering menjadi polemik bagi para anggota yang masuk dalam sebuah organisasi. Pasalnya, upgrading hanya diisi oleh  “ceramah” yang notabene membuat para anggota jenuh. Upgrading BEM Faperta kali ini bersamaan dengan DPM Faperta. Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan mempermudah komunikasi dalam kinerja antara BEM  dan DPM. Upgrading tahun ini bertemakan CRISALIS “Start your Dedication with spirit of the work and friendship” .Upgrading ini berlangsung selama tiga hari dengan agenda yang berbeda-bea tiap harinya.

Acara hari pertama Upgrading di laksanakan pada hari Jumat, 6 Februari 2015, peserta berkumpul pada pukul 06.00 pagi di gladiator. Selanjutnya ketua DPM memimpin para peserta untuk melakukan pemanasan-pemansan ringan agar para peserta bisa lebih segar dalam menjalani aktivitas hari itu. Setelah itu, para peserta mengisi soal-soal yang telah di sediakan oleh panitia secara perkelompok. Kemudian acara selanjutnya adalah masing-masing kelompok mengunjungi tokoh-tokoh aktivis kampus yang telah di tentukan oleh panitia.sebelum melakukan pertemuan, penanggung jawab kelompok telah menghubungi terlebih dahulu aktivis tersebut untuk membuat janji. Kunjungan aktivis di laksanakan kurang lebih selama 3 jam.Pada pukul 11.00, para peserta pria bersiap-siap melaksanakan shalat Jumat, sedangkan peserta wanita menuj ke koridor Fateta untuk mengikuti “obrolan seputar wanita” yang di pandu oleh kak Iva. Setelah melaksanakan shalat dzuhur, para peserta di kumpulkan di RK AGB 301 untuk mendengarkan talk show yang akan di isi oleh kak Whan Faperta 46 Dengan di pandu oleh Darma dan Kartika sebagai MC acara itu.Talk show berlangsung sekitar 3 jam. Acara yang terakhir dari upgrading hari pertama adalah FGD (Forum Group Discusion) yang di pandu oleh kak Mirza dengan topik seputar permasalahan pertanian yang ada di Indonesia.

Acara hari kedua bertempat di Auditorium Sylva Pertamina Fakultas Kehutanan. Para peserta berkumpul pada pukul 07.00 pagi. Acara  hari ke dua akan di pandu oleh MC darma dan Neng neny. Acara pertama di isi oleh talk show yang di bawakan oleh kak Dicky Presisden mahasiswa periode 2013-2014.talk show bertemakan peranan Mahasiswa sebagai aktivis. Talk show yang kedua di bawakan oleh kak Santiko dan kak Reza dengan tema event organisasi dan sponsorship. Setelah talk show ke dua para peserta di beri kesempatan untuk sholat dan makan siang.Pukul 13.00 para peserta di kumpulkan kembali untuk mengikuti talk show ketiga yang akan di bawakan oleh kak Afif, presiden mahasiswa periode saaat ini. Tema dari talk show ketiga ini adalah Kekeluargaan dalam berorganisasi. Talk show ketiga ini adalah talk show terakhir dari upgrading ke dua ini. Pukul 15.30 Peserta di persilahkan untuk shalat ashar dan setiap kelompok mempersiapkan penampilan kelompok berdasarkan penugasan film yang telah di berikan  sebelumnya. Pada pukul 16.00peserta masuk kembali ke audit Sylva Pertamina untuk melaksanakan acara terakhir dari rangkaian acara upgrading hari ke dua. No urut Penampilan kelompok di acak oleh panitia yang di pandu MC. Juri dari penampilan kelompok ini adalah Benzena dari departemen kresen, Fadel dari BPH dan Ryan dari departemen fokustik. Tiap kelompok di beri waktu 7 menit untuk menampilkan kreasinya.Pada penampilan kelompok ini para peserta yang lain juga di beri kesempatan untuk memberikan dukungannya kepada actor dan aktris terbaik  lewat polling sms. Penampilan kelompok ini berlangsung kurang lebih selama 2 jam. Pada pukul 18.00 acara di tutup oleh MC.

Acara hari terakhir Upgrading BEM dan DPM berlangsung di outdoor yang masih bertempat di dalam kampus IPB. Peserta sudah berkumpul di gladiator pada pukul  05.30 WIB, dan langsung sarapan bersama. Setelah sarapan acara langsung di ambil alih oleh tim Rumbel yang pada hari terakhir ini akan memandu jalnnya upgrading. Tim Rumbel  memimpin peserta untuk melakukan games-games kecil sebelum para peserta outbond. Games ini bertujuan untuk menciptakan keakraban dan kekompakan antata BEM dan DPM Faperta. Durasi waktu tidak terlalu lama, agar peserta tidak cepat merasa bosan. Setelah games peserta langsung di bagi ke dalam beberapa kelompok untuk outbond. Para peserta harus melewati 6 pos untuk menyelesaikan outbond ini. Setelah sampai di pos terakhir yang bertempat di lapangan voli,  para peserta tidak lagi di bagi menjadi beberapa kelompok melainkan menjadi sati tim BEM dan DPM. Games terakhir ini bertujan untuk  memperkuat rasa kerja sama, tanggung jawab dan kekompakan  di dalam internal dari BEM dan DPM serta meningkatkan rasa cinta tanah air.Setelah games selesai, pihak Rumbel mengumumkan dan memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik yang ternyata jatuh pada kelompok 2.Pukul 14.00 acara outbond di tutup oleh pihak Rumbel. Setelah itu  para peserta di beri kesempatan untuk shalat dzuhur dan makan siang. Makan siang bertempat di lapangan tenis. Setelah makan siang,acara kembali di pandu oleh MC, pada kesempatan ini  panitia dari tim Internal memberikan apresiasi kepada para peserta, dan kelompok selama mengikuti rangakaian acara upgrading dari hari pertama sampai hari terakhir. Apresiasi di berikan dalam bentuk hadiah yang telah di siapkan oleh panitia. Pada pukul 15.30 acara upgrading1 BEM  dan DPM Faperta 2015 di tutup.

No Comment

No comments yet

Leave a reply