Saung Tani “GOLD 50”

logo faperta

Saung Tani : Sarana untuk Mengenal Fakultas Pertanian


Press Release


saungtani12

(Bogor, Agustus 2014) Dalam rangka memperkenalkan Fakultas Pertanian kepada mahasiswa baru angkatan 50, mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor angkatan 49 menggelar Kegiatan Saung Tani. Kegiatan ini diberi nama Saung Tani GOLD 50 : “Glory of Indonesia Agriculture for The World”. Tema ini diambil sesuai dengan nama angkatan 50 sebagai generasi emas. Generasi ini diharapkan mampu menciptakan kejayaan pertanian Indonesia untuk dunia. Dunia mahasiswa tentu berbeda dengan dunia para pelajar. Mahasiswa yang dipercaya sebagai agen perubahan suatu bangsa dituntut untuk mampu memecahkan beragam persoalan di masyarakat. Terlebih lagi yang menyangkut masalah pertanian. Karena pertanian adalah soal hidup atau mati suatu bangsa . Atas dasar inilah kegiatan Saung Tani dilaksanakan. Kegiatan ini diusahakan dapat memberikan pemahaman yang baik tentang peran sesungguhnya sebagai mahasiswa pertanian. Bahwa mereka memiliki tanggung jawab bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk masyarakat. Dengan mengenal Fakultas Pertanian sebagai tempat mereka belajar, diharapkan mereka mampu memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk belajar dengan baik serta memiliki kepekaan sosial yang baik pula, sehingga ilmu yang dimiliki menjadi bukti pengabdian kepada masyarakat.


SAUNG TANI “GOLD 50”: Glory of Indonesian Agriculture for The World

Kegiatan Saung Tani Gold 50 “Glory of Indonesia Agriculture for The World” yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 21, 22, dan 23 Agustus 2014. Dikomandoi oleh Regi Agustian mahasiswa Agronomi dan Hortikultura Angkatan 49, sebagai Ketua Panitia Saung Tani “Gold 50”. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru sebanyak 430 orang, panitia sebanyak 98 orang, serta seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian baik dari dekanat, departemen, maupun dosen-dosen dalam bidang ilmu tertentu dan mahasiswa yang aktif dalam lembaga kemahasiswaan. Kegiatan Saung Tani hari pertama diisi dengan materi tentang pengenalan ke-Fapertaan yang secara langsung disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr.Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr. Selanjutnya materi tentang Faperta Hijau yang disampaikan oleh Bapak Syaiful Anwar, salah satu staff dosen dari departemen ITSL. Faperta Hijau merupakan suatu gerakan inisiasi awal yang dibuat oleh Dr. Ernan Rustiadi (Dekan Fakultas Pertanian) untuk memulai kegiatan pemilahan sampah di lingkungan Faperta IPB. Pemilahan sampah yang dilakukan yaitu memilah sampah dengan 3 jenis warna plastik: (1) Plastik Hitam (Sisa makanan dan Sampah Organik) ditujukan untuk lubang biopori dan pengomposan. (2) Plastik Bening (Gelas/Botol Plastik, Kantong/Bungkus Plastik,Sedotan plastik, Kaleng dan barang pecah belah). (3) Plastik Kuning (Bahan Mudah terbakar, Kertas, Box Nasi, Kertas Box Snack, Kertas Nasi, Kertas Tisu, Piring Kertas, Sterofoam. Serta Ember secara terpisah (untuk tempat pembuangan air gelas/botol). Selanjutnya talk show bersama mahasiswa berprestasi yang disampaikan oleh Kak Faradilla mahasiswa Agronomi dan Hortikultura angkatan 45. Adanya talk show mahasiswa berprestasi ini diharapkan mahasiswa baru termotivasi untuk menorehkan prestasi-prestasi terbaik yang akan membawa harum nama baik Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

saungtani8 saungtani6

Kegiatan Saung Tani Hari kedua dilaksanakan oleh masing-masing departemen di Fakultas Pertanian, yang dikomandoi oleh pimpinan masing-masing departemen. Seperti kita tahu bahwa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor terdiri dari empat departemen, yaitu Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan (ITSL) yang dikomandoi oleh Eri Addharu, Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH) yang dikomandoi oleh Yuanda Pangi, Departemen Proteksi Tanaman (PTN) yang dikomandoi oleh M.Fatih Mabrur, dan Departemen Arsitektur Lansekap (ARL) yang dikomandoi oleh Isrofi Dwi Subarkah. Kegiatan ini mengajak mahasiswa untuk mengenal lebih dekat departemen yang akan menemani mereka untuk memahami bidang ilmu yang mereka pelajari selama tiga tahun ke depan. Kegiatan departemen ini diharapkan tidak menghapus kekeluargaan atas nama Fakultas Pertanian. Selain kegiatan keilmuan, dilaksanakan juga pembinaan keagamaan yang dipandu langsung oleh UKM dari masing-masing agama. Mahasiswa yang beragama Agama Islam langsung dipegang oleh Forum Komunikasi Rohis Departemen (FKRD) dengan kegia Setelah mahasiswa mengenal Fakultas di hari pertama dan mengenal departemen di hari kedua, barulah di hari ketiga ini mahasiswa baru diajak untuk mencoba mengaplikasikan peran nyata sebagai mahasiswa pertanian.

saungtani11

Kegiatan Saung Tani hari ketiga berisi pengenalan beberapa wirausaha muda yang sukses di bidangnya masing-masing. Pembicara pertama adaBapak Badruddin, seorang wirausahawan muda Hydrogell. Hydrogell ini merupakan salah satu media tanam praktis dalam pot tanpa menggunakan tanah. Sehingga kegiatan bercocok tanam tidak terbatas lagi pada media tanah. Pembicara kedua yaitu Kak Alfi Irfan mahasiswa IPB angkatan 46 yang diwakili oleh Razi Abraham sebagai wirausahawan muda yang bergerak dalam bidang sosial, yang diberi nama Agrisosio. Agrisosio ini bergerak atas dasar lima permasalahan, yaitu masalah sosial, penidikan, lingkungan, ekonomi dan teknologi dengan cara mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam di tujuh belas desa lingkar kampus IPB. Agrisosio ini merupakan satu-satunya sponsor Kegiatan Saung Tani Gold 50. Selain pengenalan tentang kewirausahaan, di hari ketiga ini mahasiswa baru diberikan tantangan turun langsung ke lapangan dalam rangka menggalang dana untuk kemudian diserahkan ke salahsatu panti yaitu “Panti Kosgoro”. Kegiatan yang diberi nama Saung Tani In Action ini dilakukan di daerah Desa Babakan dalam waktu kurang lebih dua jam. Kegiatan ini berhasil menggalang dana sebanyak kurang lebih 5 juta rupiah. Setelah Saung Tani In Action, dilanjutkan dengan penampilan angkatan dari mahasiswa Faperta 50 dan berakhir dengan sesi evaluasi dari pihak komisi disiplin.

saungtani2 saungtani3 saungtani4 saungtani-1

“Dahsyat, merasa terharu, satu keluarga, semakin cinta Faperta, dan Faperta jaya” itulah beberapa komentar dari beberapa mahasiswa Faperta angkatan 50 yang bernama Nadhif dan Aziz. Mereka merasa bangga sebagai mahasiswa pertanian dan semakin cinta terhadap pertanian serta tak lupa mereka memberikan ucapan terimakasih dan komentar yang baik pula kepada panitia pelaksana kegiatan Saung Tani Gold 50. Siap berjuang demi Faperta jaya dan mereka akan buktikan dengan mengikuti salah satu kegiatan kemahasiswaan yaitu himpro, dan menjadi volunteer Agrisosio.


Contact Person:

Regi Agustian

Ketua Pelaksana Saung Tani “Gold 50”

085759516537

maskot Gold50

1 Comment so far

  1. bemfaperta on September 5th, 2014

    Ingat kita adalah MAHASISWA PERTANIAN

Leave a reply