Yuk, Kenal IBEMPI sambil NGOPI!

                KOPI (Kongkow Bareng IBEMPI se-IPB) merupakan acara yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 April 2014 tepat pukul 19.10 WIB bertempat di depan Ruang Kuliah Pinus 2. Acara ini dipandu oleh Windy Rashinta Dewanti dan Koco Saguh Pribadi yang merupakan staf ahli IBEMPI (Ikatan BEM Pertanian Indonesia) sekaligus ketua biro/departemen dari BEM Fakultas Pertanian. Acara dibuka dengan tilawah Al-Quran yang dibacakan oleh Mirza Ramadhana Putra dan dilanjutkan pemberian materi oleh Kak Whan Ahmad yang merupakan salah satu pengurus IBEMPI tahun 2011. Materi yang disampaikan berkaitan dengan pengalaman beliau selama menjadi bagian IBEMPI serta sejarah terbentuknya IBEMPI.

                IBEMPI terbentuk sejak tanggal 15 September 2006. Sebelumnya pada tanggal 12-13 September 2006 beberapa universitas/ perguruan tinggi pertanian mengadakan Musyawarah Nasional yang dilaksanakan di Bogor, namun akibat terdapat perbedaan idealisme maka berakibat pada pecahnya aliansi ini. Sehingga pada tanggal 15 September 2006, diadakan konverensi yang bertujuan untuk menciptakan perkumpulan baru dari yang sebelumnya, tidak terlalu politis tetapi bisa turun langsung ke masyarakat. Bina Desa Nasional serta Mitra Desa Institusi merupakan program yang masih dipertahankan oleh IBEMPI hingga kini, karena kedua program tersebut merupakan program yang menjadikan IBEMPI bisa mengabdi untuk rakyat secara nyata.

“Kenapa perwakilan IPB harus ada di IBEMPI?”, itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh kak Whan ditengah materi yang disampaikan. Pertama, IPB merupakan tuan rumah pembentukan IBEMPI. Kedua, IPB merupakan universitas yang paling dekat dengan poros pemerintahan sehingga bisa memperkuat posisi IBEMPI. Ketiga, perlu adanya pioner-pioner yang dapat menciptakan suasana kondusif dalam IBEMPI, hal ini terkait dengan bentuk realisasi program kerja IBEMPI. Jawaban ini menjadi akhir dari sesi materi yang disampaikan oleh kak Whan, dilanjutkan dengan pengenalan pengurus IBEMPI oleh Keninda Firmana yang merupakan Presidium Nasional IBEMPI sekaligus ketua departemen Kebijakan Pertanian BEM Fakultas Pertanian IPB. Terdapat delapan orang perwakilan mahasiswa IPB yang termasuk dalam kepengurusan IBEMPI 2014, yaitu Ahmad Fitra Muzayyin, Ahmad Safuan, Koco Saguh Pribadi, Mirza Ramadhana Putra, Keninda Firmana, Elfrida Oktaviani, Lusi Diani, dan Windy Rashinta Dewanti.

Penyampaian agenda terdekat IBEMPI, yakni Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang akan dilaksanakan  pada tanggal 23-26 Mei 2014 di Universitas Padjajaran, sekaligus menjadi penutup acara Kongkow Bareng IBEMPI se-IPB. Acara ini diabadikan dengan foto bersama. IBEMPI, Mengabdi untuk Rakyat! (DKA)

No Comment

No comments yet

Leave a reply