Seminar Nasional “Dari Desa untuk Indonesia”: Ciptakan Semangat Membangun Desa

Seminar Nasional Dari Desa untuk Indonesia dan Deklarasi Gerakan Indonesia Bangun Desa yang telah dilaksanakan pada Kamis 27 Maret 2014 merupakan acara yang terselenggara berkat kerjasama antara Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian IPB dengan Yayasan Bina Desa Indonesia. Acara yang berlangsung di Auditorium Andi Hakim Nasution ini menghadirkan tiga pembicara utama: Achmad Febriyansyah (Head of HRD Region PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk), Gun Soetopo (Owner Sabila Farm), Ir. Lukman M. Baga, MA. Ec (Pengamat Ekonomi Koperasi), serta empat pembicara aktif: Darmawan Sepriyossa (Redaktur Pelaksana Inilah.com), Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS (Menteri Pertanian RI 2004-2009), Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS (Vice Rector for Human Resource and Development), dan Diki Saefurohman (Presiden Mahasiswa IPB). Sesi pertama menampilkan tiga pembicara utama yang dimoderatori oleh Ninok Hariyani,  dan sesi selanjutnya merupakan dialog interaktif antara pembicara utama dan pembicara aktif.

Seminar nasional yang mengusung tema “Dari Desa untuk Indonesia” ini disajikan dalam bentuk sarasehan dengan penyampaian sudut pandang dari masing-masing pembicara terkait pentingnya membangun desa melalui sektor pertanian. Kegiatan ini menjadi momentum dideklarasikannya “Gerakan Indonesia Bangun Desa” yang dipimpin oleh presiden mahasiswa IPB, Diki Saefurohman, sekaligus peluncuran microsite IBD yang bekerja sama dengan Inilah.com. Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni oleh Sekolah Luar Biasa C Dharma Wanita.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki semangat membangun desa, praktisi dan pengusaha pertanian, lembaga/komunitas peduli pertanian, dan mhasiswa dari berbagaii universitas. Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat membentuk Gerakan Indonesia Bangun Desa yang didukung oleh berbagai pihak, munculnya pemahaman akan pentingnya membangun desa melalui usaha pertanian, menggerakkan pemuda untuk bersemangat membangun desa melalui sektor pertanian, serta terwujudnya langkah nyata dalam upaya membangun desa secara berkelanjutan (REF).

No Comment

No comments yet

Leave a reply