Fakultas Pertanian IPB Sukses Menyelenggarakan MUNAS IV IMMPERTI


MUNAS IV IMMPERTI

( 6-9 Maret 2014 )

 

IMMPERTI adalah merupakan organisasi yang bernama Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia yang didirikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta tepat pada tanggal 30 November 2008 (29 Dzulhijah 1429 H), yamg merupakan lembaga dakwah bergerak di bidang pertanian tingkat nasional. Sedangkan MUNAS IV IMMPERTI merupakan kerjasama IMMPERTI dengan FKRD IPB dengan rangkaian kegiatan musyawarah nasional yang berlangsung tanggal 6 Maret – 9 Maret 2014 di kampus Institut Pertanian Bogor. Di tahun ke-3 ini, IPB menjadi tuan rumah untuk mahasiswa muslim pertanian yang ada di Indonesia untuk melakukan diskusi/musyawarah. MUNAS IV IMMPERTI yang dilaksanakan di IPB ini terdiri dari berbagai acara baik dari MUNAS (Musyawarah Nasional), bazar, lomba ESSAY, FAS (FKRD Agricultural School) dan seminar/kajian. Tema MUNAS IV IMMPERTI yang diajukan saat ini adalah “Create Your Agriculture Innovation with Islam”. Adapun beberapa acara yang diselenggarakan di MUNAS IV IMMPERTI ini yaitu,

#BAZAR

Bazar sudah dimulai sejak tanggal 6 Maret dengan adanya beberapa stand di Koridor Pinus (Korpin) Fakultas Pertanian. Stand-stand tersebut berukuran sekitar 2 m x 3 m. Adapun standnya yaitu terdiri dari stand buku-buku Islami dan pertanian, stand makanan, stand inovasi, stand baju, dll. Dan bazar dalam rangkaian IMMPERTI ini digelar secara spektakuler.

#MUNAS

MUNAS dilaksanakan untuk menjalin persaudaraan LDK pertanian se-Indonesia yang dilaksanakan tanggal 7-8 Maret yang diikuti sekitar 27 perguruan tinggi dengan jumlah ± 160 mahasiswa (ikhwan dan akhwat). MUNAS  yang diikuti ini, peserta akan meninjau AD/ART dan arah gerak IMMPERTI dengan mengikuti beberapa rangkaian sidangnya baik dari tata tertib persidangan MUNAS IMMPERTI, laporan perjalanan kepengurusan IMMPERTI tahun 2012-2014, sidang komisi yang terdiri dari 4 komisi, yaitu Komisi A (AD dan ART), Komisi B (GBHO + Akademik Propesi), Komisi C (Rekomendasi Kegiatan dan Isu Strategis) dan Komisi D (Kemuslimahan), serta pembentukan struktur baru untuk kepengurusan IMMPERTI 2014-2016.

#FAS (FKRD Agricultural School)

FAS dilaksanakan tanggal 8 Maret adapun agendanya yaitu kuliah yang disampaikan oleh Bapak Hadi Susilo Arifin selaku dosen Arsitektur Lanskap (ARL) IPB dengan tema “Pertanian Modern, Komperhensif dan Serasi Dengan Lingkungan”, tour laboratorium Fakultas Pertanian yaitu Musium Serangga dan Studio Lanskap, tour GAPOKTAN Mandiri Jaya, dan motivation training oleh Ka Arifin selaku SR Asrama Putra TPB-IPB.

#LOMBA

Lomba yang diadakan yaitu Lomba Essay yang diikuti oleh siswa SMA dan mahasiswa tingkat persiapan bersama (TPB) IPB dengan jumlah peserta 18 orang. Lalu diambil 10 besar untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu presentasi di kampus IPB. Tahap presentasi ini dilaksanakan tanggal 8 Maret dan diambil 3 besar pemenang untuk menjadi juara 1,2 dan 3. Juara 1 diraih oleh SMA 1 Majalengka, juara 2 diraih oleh mahasiswa TPB IPB dan juara 3 diraih oleh SMA Jombang.

#SEMINAR/KAJIAN

Seminar/kajian yang diselenggarakan di MUNAS IV IMMPERTI di IPB yaitu,

  1. Kajian Kemuslimahan “Peran Muslimah dalam Dunia Pertanian” pada tanggal 7 Maret pukul yang disampaikan oleh Ibu Yudiwati dosen Agronomi dan Hortikultura,
  2. Kajian Aqidah dalam Bertani pada tanggal 7 Maret pukul 16.00 yang disampaikan oleh Bapak Munif dosen Proteksi Tanaman,
  3. Seminar “Pemuda dan Islam” pada tanggal 9  Maret pukul 10.l5 yang disampaikan berkolaborasi antara Bapak Muhajir sebagai dosen Universitas Ibnu Khaldun dan Ka Eric.

Acara pembukaan MUNAS IV IMMPERTI dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2014 di Auditorium Toyib Hadi Wijaya yang dihadiri oleh KEMENPORA dan peserta MUNAS yang terdiri dari 27 perguruan tinggi. Bapak Ibnu selaku KEMENPORA juga menyampaikan talk show “Organisasi Kepemudaan yang Islami”. Setelah itu, ketika waktunya sholat jumat, para ikhwan menjalankan sholat dan yang akhwat mengikuti Kajian kemuslimahan “Peran Muslimah dalam Dunia Pertanian” bersama Ibu Yudiwati. Seusai sholat dzuhur, para peserta menuju ke Ruang Asma Al-Hurriyah untuk memulai agenda sidang yaitu pembahasan laporan perjalanan IMMPERTI pengurus 2012-2014 dan tata tertib persidangan sampai waktunya sholat ashar. Para peserta kembali lagi ke Auditorium Toyib sholat ashar untuk mengikuti Kajian “Aqidah dalam Bertani” dan seusai sholat maghrib para peserta MUNAS kembali melanjutkan persidangan mengenai tata tertib sidang MUNAS IV IMMPERTI yang sempat tertunda sebelumnya karena sudah masuk waktu sholat ashar.

Pada hari kedua MUNAS IV IMMPERTI tepatnya tanggal 8 Maret 2014 ini terdapat beberapa acara yang terdiri dari:

1. MUNAS

Dilaksanakan di GKA (Gedung Kuliah A), agendanya yaitu sidang komisi yang membahas ke-4 komisi yang terdiri dari Komisi A (AD dan ART), Komisi B (GBHO + Akademik Propesi), Komisi C (Rekomendasi Kegiatan dan Isu Strategis) dan Komisi D (Kemuslimahan) serta pembentukan struktur baru untuk kepengurusan IMMPERTI 2014-2016 (BPP-Badan Pengawas Pusat dan BPW-Badan Pengurus Wilayah). Hasil dari musyawarah untuk kepengurusan 2014-2016, maka ditetapkan untuk BPP terpilih adalah Universitas Andalas, sedangkan IPB sendiri terpilih sebagai BPW III dari pembagian 7 wilayah yang tergabung dalam IMMPERTI.

2. FAS

Dilaksanakan di RK Pinus 1, agendanya seminar yang disampaikan oleh Bapak Hadi Susilo Arifin dengan peserta siswa SMA sekitar 25 orang dilanjut dengan tour laboratorium di musium serangga dan studio lanskap, tour ke GAPOKTAN Mandiri Jaya, dan terakhir ada motivation training oleh Ka Arifin.

3. PRESENTASI LOMBA

Dilaksanakan di RK AGR 404, agendanya presentasi essay peserta lomba sejumlah 10 orang dan juga dilakukan tanya jawab serta komentar dari juri yang menilai.

Hari ketiga adalah penutupan MUNAS IV IMMPERTI yang tepat pada tanggal 9 Maret 2014, para peserta MUNAS melakukan tour ke GAPOKTAN Mandiri Jaya untuk memperoleh penjelasan mengenai GAPOKTAN itu sendiri dari on farm dan off farm serta mengunjungi kebun yang dikelola oleh POKTAN. Seusai itu para peserta mengikuti Seminar “Pemuda dan Islam” yang disampaikan dari kolaborasi Bapak Muhajir dan Ka Eric. Dan terakhir penguatan ukhuwah peserta MUNAS dan panitia oleh Kak Luhur dan ditutup dengan acara foto bersama peserta dan panitia. IMMPERTI berharap dengan diadakannya MUNAS ini, silahturahmi antar perguruan tinggi dan fakultas pertanian lintas LDK dapat terjalin kuat. IMMPERTI bertekat untuk terus mengabdikan diri kepada masyarakat Indonesia untuk menerapkan pertanian yang Islami. Sayonara.. (DEV)


 

 

 

No Comment

No comments yet

Leave a reply